Sabtu, 05 Oktober 2019

Pelatihan Membuat Soal CBT (Computer Based Test)

Pada suatu ketika saya diajari cara membuat soal CBT. Saya merasa senang dan optimis. Yang diajarkan adalah membuat soal dengan aplikasi hotpotatoes. Namun di akhir acara pak dosen menjelaskan bahwa untuk bisa menggunakan aplikasi hotpotatoes, sekolah harus menyediakan server. Nah ini yang sulit, minta uang ke sekolah harus pakai proposal dan penggunaannya harus jelas berhasil. Jika tidak, bisa sangat malu lah saya. Untunglah pak hosen mengarkan cara memasukkan html hotpotatoes ke blogger.com saya. Saya mencobanya namun saya kecewa karena nilai siswa tidak langsung keluar. Akhirnya saya mendam dalam dalam keinginan menggunakan hotpotatoes di sekolah. Ketika saya menceritakan hasil pelatihan yang saya dapatkan di MAN 1 Jember kepada teman saya di MAN 2 Jember, dia menjelaskan bahwa jika membutuhkan server, program exambro lebih baik karena tidak memungkinkan siswa membuka windows yang lain untuk tanya ke google search. Ternyata masalah perlu server bukan hanya masalah saya saja. Mereka mereka sudah tau sebelumnya. Ketika seorang teman di TU MAN 2 Jember menggunakan sebuah aplikasi untuk memutuskan kemana para guru pergi rekreasi dengan membuat voting, saya tanyakan padanya aplikasi apa yang dia pakai. Ketika dia menjawab bahwa aplikasi yg dia pakai adalah google.form, saya segera belajar dengan tanya ke google cara menggunakan google.form. yang ternyata adalah aplikasi pengisian formulir yang bisa ditemukan di google.drive. Saya mulai menggunakan google.form di akhir tahun 2018 untuk Mata pelajaran Matematika wajib semester 1. Itupun saya belum tahu cara melihat nilai, dan belum sadar kalau google juga bisa memberikan nilai pekerjaannya langsung pada siswa. Jadi saya memindah jawaban mereka di spreadsheet ke aplikasi Ms.Excel di laptop saya lalu membuat rumus perintah IF untuk mengoreksi jawaban anak anak dengan cepat. Namun kemudian Pak Anam yang barusaja mendapatkan pelatihan cara menggunakan google.form,melihat saya sibuk membuat rumus IF untuk membuat kunci otomatis nilai siswa di Ms.Excel, dia tersenyum dan mengatakann bahwa google.form bisa menghitung nilai siswa otomatis. Saya segera belajar dengan bertanya ke google.search. Kemudian saya biasa membuat google.form dan membiarkan google yang langsung memberikan nilai ke siswa segera setelah mereka mengerjakan soal. Saya sangat senang. Waktu saya jadi lebih banyak untuk menemui dan bersenang-senang dengan anak saya. Dan saya tidak mikir server lagi, karena google memberikan ruang dan fasilitas secara gratis. Sampai kemarin saya mendapat pelatihan tentang classroom.google.com , tampilan forumnya mirip beranda facebook, hanya saja sedikit membosankan karena tidak bisa pakai emoticon. Tapi saya tetap optimis bahwa classroom.google.com ini bisa membantu kita menghadapi era IOT (Internet of Things) ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar